Astagfirullah, Inilah 4 Hantu Paling Mengerikan yang Sudah Mendunia. No. 4 Paling Sering Muncul

- August 14, 2017

Konon gambaran rupa menyeramkan dan suara mengerikan menjadi salah satu alasan mengapa hantu begitu ditakuti banyak orang. Tak sedikit yang lari terbirit-birit kala merasakan keberadaan sosok tersebut.
Di Indonesia, salah satu hantu yang paling dikenal adalah kuntilanak. Keberadaannya bahkan pernah dilaporkan terlihat di negara lain.
Belum lama ini, kesurupan masal yang terjadi di sebuah sekolah di Malaysia bahkan diklaim akibat keberadaan hantu yang kerap muncul di Indonesia.
Masih ada beberapa hantu di Tanah Air lainnya yang diklaim pernah terlihat di belahan negara lain. Apa saja?

1. KUNTILANAK
Astagfirullah, Inilah 4 Hantu Paling Mengerikan yang Sudah Mendunia. No. 4 Paling Sering Muncul

Menurut salah satu situs pencarian, kuntilanak yang dalam bahasa Melayu disebut Pontianak atau Puntianak atau sering disingkat kunti, adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anaknya belum sempat lahir.
Nama "puntianak" merupakan singkatan dari "perempuan mati beranak".
Sosoknya kerap digambarkan sebagai wanita berbaju putih, bermuka seram dan berambut panjang, serta dengan suara tawa khas yang melengking.
Salah satu negara yang mengklaim pernah melihatnya adalah Malaysia.
19 April 2016 lalu, lebih dari 100 siswa dari 4 sekolah berbeda di Kota Bharu, Malaysia mengalami histeria atau kesurupan massal selama seminggu terakhir.
Beberapa siswa di sebuah sekolah yang mengklaim mengalami kerasukan saat kesurupan massal, mengaku telah melihat hantu sebelum kejadian tersebut.
Seperti yang dikutip dari AsiaOne saat itu, mereka mengaku telah melihat sebuah sosok hantu perempuan sebelum pingsan. Dalam bahasa setempat, memedi tersebut dikenal sebagai 'pontianak' atau kuntilanak.
Kesurupan massal berawal di SMK Pengkalan Chepa 2 pada 11 April 2011. Kejadian tersebut dilaporkan dialami lebih dari 100 siswa dan guru.
Atas kejadian tersebut, pihak sekolah memutuskan untuk meliburkan kegiatan belajar mengajar hingga tiga hari.

1. JELANGKUNG
Masih ada beberapa hantu di Tanah Air lainnya yang diklaim pernah terlihat di belahan negara lain. Apa saja?

Jelangkung adalah sebuah permainan tradisional Nusantara yang bersifat ritual supranatural. Permainan ini umumnya dilakukan sebagai ritual untuk memanggil arwah.
Media yang digunakan untuk menampung makhluk halus atau entitas supranatural yang dipanggil dalam permainan Jelangkung adalah sebuah gayung air, yang umumnya terbuat dari tempurung kelapa dan didandani pakaian serta bergagang batang kayu.
Media serupa yang dikenal dengan papan ouija pernah digunakan para siswa di Peru pada akhir Mei 2016 lalu. Usai bermain memanggil arwah penasaran dan roh untuk menghantui sekolah mereka, dilaporkan para pemainnya kesurupan massal.
Kabarnya sekolah itu pernah digunakan sebagai kuburan massal oleh mafia.
Dalam sebuah video rekaman digambarkan sejumlah siswa dan siswi berteriak-teriak dan berguling-guling di lantai ruangan kelas mereka.

3. HANTU "OURANG MEDAN"
Masih ada beberapa hantu di Tanah Air lainnya yang diklaim pernah terlihat di belahan negara lain. Apa saja?

Dalam dua bulan, 13 kapal kayu terdampar di perairan Jepang. Tak ada yang mengemudikannya. Saat didekati, ditemukan jasad-jasad para pelaut yang sudah terurai parah, hingga mengelupas, menunjukkan tengkorak dan kerangka di dalamnya.
Itu adalah insiden 'kapal hantu' -- bahtera yang ditemukan kosong atau hanya berisi jasad manusia di dalamnya.
Kisah serupa pernah terjadi di Selat Malaka. Melibatkan kapal dari Indonesia, yang kala itu masih bernama Hindia Belanda. 
Suatu hari di bulan Juni 1947, 2 kapal Amerika yang sedang berada di Selat Malaka -- City of Baltimore dan Silver Star -- menerima pesan darurat dari kapal dagang milik Belanda, SS Ourang Medan. Atau 'Orang Medan'.
Seorang operator di kapal Ourang Medan mengirimkan kode Morse. Isinya: "Semua awak kapal, termasuk kapten terbaring sekarat di ruang peta (chartroom) dan anjungan. Mungkin semuanya telah meninggal dunia."
Kemudian kalimat terakhir diterima. "Aku mati," seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat 4 Desember 2015. Setelah itu pesan radio terputus.
Pesan mengerikan tersebut juga didengar pos pemantauan milik Belanda dan Inggris yang ada di sekitar Selat Malaka.
Kemudian, para operator radio penerima berusaha melacak sumber sinyal dan menentukan bahwa pesan tersebut datang dari SS Ourang Medan, yang juga ada di Selat Malaka.
Kapal Silver Star adalah yang terdekat. Nakhodanya lalu memutar haluan untuk mendekati lokasi Ourang Medan. Mereka menemukan kapal itu terapung-apung di lautan.
Yang mengerikan, jasad-jasad para krunya bertebaran di dek. Semuanya dalam kondisi mengerikan: mata terbelalak. Ekspresi ketakutan dan horor terlihat jelas dalam wajah-wajah beku. Pun dengan anjing kapal yang ditemukan mati.
Awak kapal AS, Silver Star yang melakukan pengecekan tak menemukan tanda-tanda kekerasan, tak ada darah yang merembes, tiada tanda-tanda perlawanan.
Kapten Silver Star memerintahkan agar tali pengeret dipasangkan ke Ourang Medan, agar kapal tersebut bisa ditarik ke pelabuhan terdekat, agar aparat bisa menyelidiki apa gerangan penebar maut di bahtera tersebut.
Namun, sebelum niatan itu terlaksana, asap tebal mengepul dari bagian kapal. Kemudian, ledakan terjadi. Ourang Medan pun tenggelam. Semua bukti-bukti karam ke dasar laut.
Legenda Ourang Medan menyebar dari satu pelabuhan ke pelabuhan yang lain. Dijadikan artikel majalah-majalah spesialisasi kisah misteri. Sebuah laporan resmi terkait kapal itu bahkan muncul dalam "Proceedings of the Merchant Marine Council" US Coast Guard edisi Mei 1952.
Spekulasi bermunculan soal kejadian aneh yang menimpa Ourang Medan. Dari keracunan karbon monoksida, kargo berbahaya, sampai fenomena paranormal yang melibatkan UFO hingga makhluk halus.
Atau, jangan-jangan, itu hanya legenda.

4. HANTU POCONG
Masih ada beberapa hantu di Tanah Air lainnya yang diklaim pernah terlihat di belahan negara lain. Apa saja?

Penampakan hantu pocong itu dibedakan menjadi tiga. Yang pertama mungkin benar karena si mayit lupa dibukakan tali pocongnya atau si arwah tersebut masih banyak tanggungan selama hidupnya di dunia sehingga mencoba meminta maaf dengan wujudnya seperti pocong. Kedua, penampakan sosok hantu pocong bisa juga berasal dari jin yang menyerupai sosok pocong. Dan yang ketiga, penampakan hantu pocong juga bisa muncul karena guna-guna atau dimanfaatkan tubuhnya untuk menakut-nakuti oleh seorang dukun atau ahli santet dengan meminta tumbal untuk memperkuat ilmunya.
Bagaimana membedakannya? Bagi semua orang awam hal ini sangatlah sulit untuk dibedakan. [Sumber: liputan6.com]

 

Start typing and press Enter to search

close